Selasa, 24 Agustus 2010

Melatih Tendangan Karate

Metode Melatih kelenturan,kekuatan Tendangan


Dalam pengamatan penulis, melatih tendangan agar menjadi bagus agak lebih sulit dibandingkan dengan melatih pukulan dan tangkisan, beberapa hal yang membedakan adalah kaki memiliki ukuran yang lebih besar dibandingan tangan, sehingga untuk menggerakan memerlukan effort yang lebih besar, apalagi untuk anda yang mempunyai ukuran tubuh besar (gemuk). Faktor kedua adalah untuk melatih tendangan memerlukan latihan pelenturan kaki, khususnya untuk tendangan yang tinggi. Kelenturan ini akan mudah dilatih ketika mulai berlatih dari usia dini, tetapi untuk usia yang dewasa maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melatih kelenturan. Faktor ketiga adalah untuk melakukan tendangan memerlukan latihan keseimbangan, karena ketika menendang maka otomatis kaki yang menumpu hanya tinggal satu. Tingkat kesulitan keseimbangan akan semakin bertambah ketika akan melakukan tendangan belakang atau memutar, dan khusus untuk tendangan yang melompat maka diperlukan faktor lain yaitu keringanan tubuh.

Ketika belajar tendangan hal pertama yang perlu diperhatikan adalah teknik menendang, konsep menendang bukan seperti ayunan tetapi terdapat hentakan atau dorongan. Letak dorongan tergantung dari jenis tendangannya, misalnya tendangan lurus (maegeri)maka dorongannya dimulai dari mengangkat paha dan dorongan dengan menggunakan lutut, kemudian kaki di luruskan dengan cepat dan keras, dan posisi telapak kaki agak keatas. Lalu tendangan memutar (mawashi ushiro gerie) adalah tendangan memutar yang efeknya sangat besar pada objek yang menjadi sasaran gerakan ini, badan di putar 60 derajat kebelakang, kepala menoleh ke arah lawan/objek kemudian kaki di putar dan di kenai pada sasaran. Langkah kedua setelah mengetaui tekniknya, maka perlu dilatih dengan perlahan-lahan, karena apabila dipaksakan dengan gerakan keras maka akan terjadi cidera pada otot ataupun pada sendi. Langkah ketiga adalah sering melakukan senam kaki, baik yang berupa penguatan maupun pelenturan. Latihan kekuatan menurut penulis sangat penting, karena apabila anda hanya berlatih menendang tanpa latihan penguatan maka ibarat seperti karet yang selalu ditarik maka lama-lama akan mekar dan cepat putus.

Jenis latihan kekuatan selain yang terdapat dalam senam kaki maka perbanyaklah lari, minimal adalah dengan lari ditempat dengan mengangkat paha, loncat-loncat atau berjalan dengan jarak yang jauh. Di dalam beladiri lain semisal Thifan Po Khan seorang pemula harus terbiasa berjalan sekitar 60 mil, 1 mil sekitar 800 meter, berarti 48 km dan pada tingkat berikutnya akan semakin jauh. Selain lari boleh juga menggunakan pemberat kaki, tetapi khusus untuk pemberat ini harus diperhatikan faktor kesehatan dan nutrisi karena bisa berdapak lumpuh layu. Teknik lainnya adalah dengan memperkuat perut dengan senam-senam perut, karena tendangan tidak akan baik apabila perut tidak kuat. Dalam beladiri Thai Boxing atau kick Boxing kecepatan tendangan dapat juga dilatih di dalam air. Dan sebagai sarana melihat hasil dari latihan tendangan maka dapat membuat bola-bola yang digantung sebagai target tendangan atau dapat juga menggunakan sandsack seperti yang digunakan dalam latihan pukulan.Dalam hal untuk latihan kelenturan maka selain memperbanyak senam kelenturan seperti split samping, split depan maka dapat juga menggunakan alat bantu berupa karet atau tali yang dipasang di ujung kaki dan ditarik perlahan-lahan. Atau meminta bantuan teman untuk mengangkat kaki tinggi-tinggi bak kedepan, kebelakang maupun kedepan. Pengalaman khusus penulis agar bisa split adalah dengan menggunakan kaos kaki dan berlatih di lantai yang licin, sehingga dengan cukup mudah kaki . Tetapi khusus untuk teknik ini musti hati-hatitertarik untuk split karena belum teruji untuk semua orang (hb)

10 komentar:

  1. salam kenal, nama saya rahman.. saya tinggal di bandung.. saya sudah dari dulu ingin belajar karate.. tapi tidak memiliki waktu luang yang cukup... saya dari dulu sangat suka membaca artikel tentang karate, tapi belum pernah latihan hehehe... saat ini saya sudah niatkan akan konsentrasi ingin berlatih karate di bandung... kira2 mas edwin tahu gak alamat tempat latihan karate di bandung?.. kemudian melihat aliran dalam karate yang begitu banyak saya ingin tahu aliran karate yang menurut mas Edwin cukup bagus itu apa (atau aliran yang mas edwin dalami saat ini)? terima kasih atas pencerahannya...

    BalasHapus
  2. salam kenal mas rahman,, kebetulan saya baca juga artikel ini,, saya juga sangat tertarik,, klo didengar dari keinginan mas rahman ingin belajar karate saya sarankan untuk datang langsung latihan setiap hari minggu jam 9.30 pagi di lapangan ITB bandung.. pakaian yg digunakan untuk pemula pakaian olahraga.. setahun yang lalu saya pernah ikut disana, alirannya kyokushinkai.. semoga informasi ini bermanfaat..

    BalasHapus
  3. Salam kenal juga mas Rahman, maaf sy baru bisa menjawab komen anda skrg. Niat anda utk mempelajari karate sangat bagus dan saya dukung. Pada dasarnya semua aliran karate adalah bagus2 semua, tidak ada yg jelek anda tinggal memilih sesuai dengan selera anda. Rujukan oleh salah satu teman anda diatas bisa menjadi salah satu alternatif utk belajar karate.Tentang aliran karate saya, anda tebak sendirilah dari gaya blog saya.

    BalasHapus
  4. oss, sangat bermanfaat sekali bagi saya yang merupakan pemula dalam karate! :D semoga ilmunya bermanfaat ^-^ Aamiin...
    good luck and also keep spirit! this is the best blog about indonesia's karate, i guess :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas komentarnya, sukses selalu buat Anda !!!

      Hapus
  5. sya mau bertanya ,apakah pemberat kaki dapat untuk melatih kecepatan tendangan

    BalasHapus
  6. saya sarankan untuk melatih tendangan jangan menggunakan pemberat kaki apalagi utk tendangan yang tinggi2, bahaya bisa cedera, gunakan untuk berjalan kaki atau lari2 kecil saja

    BalasHapus
  7. osh sempai...
    artikelnya sangat bagus sekali, saya seorang karateka juga di daerah Purwokerto jateng.
    mungkin satu aliran dengan sempai, salam kenal aja.

    BalasHapus