Wednesday, August 25, 2010

Push Up dalam Olahraga Karate

Push Up Sebagai Elemen Penting dalam Beladiri Karate


Latihan Push Up adalah suatu latihan kekuatan fisik yang lazim ditemui di setiap cabang olah raga ilmu beladiri baik Karate, Taekwondo, Kungfu, Silat dsb. Semua beladiri tersebut memerlukan latihan push up untuk membentuk pengamalnya menjadi seseorang yang kuat serta tangguh fisiknya. Bahkan dalam olah raga beladiri tertentu semisal Karate seseorang yang mempunyai kapalan di tangannya, akan dikagumi oleh orang-orang disekitarnya khususnya teman-temannya sesama pengamal beladiri. Hal ini dikarenakan orang yang tangannya kapalan berarti ia sudah sangat sering push up dengan tinjunya atau kepalannya, bahkan sudah menjadi kebiasaan atau gaya hidupnya sehari-hari. Sebagaimana kita tahu orang yang sudah sangat sering push up dengan tinjunya, berarti mempunyai pukulan yang mematikan dikarenakan latihan push up tersebut memberikan mamfaat berupa daya dorong yang kuat pada tangan/tinjunya, sehingga pukulannya akan memberikan daya dorong tenaga (power) yang besar dan kecepatan yang mengagumkan. Selain untuk memperkuat daya dorong pukulan, push up juga mempunyai beberapa mamfaat lain yaitu:

Pertama:
Push Up menguatkan otot Lengan, Bahu dan Dada. Gerakan push up yang terpusat pada tubuh bagian atas akan membuat dada dan bahu anda kuat dan tegap, lengan anda sebagai pusat penggerak akan mempunyai otot yang kekar dan kuat.

Kedua:
Push Up juga membuat anda tidak mudah terkilir, terutama pada bagian lengan dan bahu. Selain kuat otot lengan dan tubuh bagian atas menjadi lebih lentur.

Ketiga:
Push Up membantu melancarkan aliran darah ke kepala, terlebih lagi bila anda melakukan latihan leher sebelum memulai push up sesuai dengan petunjuk di atas, sehingga anda akan dapat merasa lebih segar dan nyaman.

Bagaimana cara latihan Push Up yang benar? , berikut adalah tips-tipsnya:
Sebelum memulai latihan Push Up, selalu awali dengan latihan leher, lakukan gerakan menekuk leher ke depan dan kebelakang minimal 30 kali, lanjutkan dengan menekuk ke kiri dan ke kanan minimal juga 30 kali, dan lanjutkan dengan membuat gerakan memutar, dengan setiap 3 kali gerakan berganti arah putaran, ulangi sampai 5 kali. Latihan leher diperlukan agar anda tidak mengalami cedera leher akibat tarikan urat leher pada saat melakukan gerakan push up. Latihan leher ini juga mencegah anda dari rasa pusing setelah push up.
Untuk melakukan push up yang benar, mula-mula posisikan tubuh anda tertelungkup. Letakkan lengan tepat di samping kanan dan kiri anda, tidak terlalu lebar juga tidak terlalu sempit. Bagi yang ingin memperkuat pukulannya maka Push Up dengan tangan dikepalkan adalah lebih baik. Berikut adalah contoh gambarnya: 
                                                       

Pada gambar tsb, bagian yang dilingkari adalah yang menjadi tumpuan berat badan alias yang menempel pada lantai/tanah, karena bagian tsb merupakan bagian/alat yang digunakan untuk memukul lawan. kemudian Tarik nafas sebelum mengangkat tubuh, dan bersamaan dengan gerakan lengan mengangkat tubuh anda lepaskan nafas. Saat bergerak turun tarik nafas kembali.Bagaimana cara melakukan repetisi Push Up yang baik? Berikut Tipsnya:
  •  Idenya adalah untuk memulai push up secara bertahap sehingga setiap ketidaknyamanan Anda merasa hari berikutnya adalah minimum. Mulai dengan 10 push up minggu pertama. Anda dapat melakukan push sehari-hari atau setiap hari dan setengah. Anda bisa mengambil libur akhir pekan sehingga tubuh Anda memberikan cukup waktu untuk memulihkan dan memperkuat. Pastikan Anda minum cukup air setelah push up untuk mencegah dehidrasi karena hal ini akan berdampak negatif bangunan otot Anda.
  •  Minggu berikutnya menambahkan lain 10 push up untuk rutinitas Anda dan tren ini harus terus sampai Anda mencapai 100 push up. Penting bahwa Anda tetap memperpanjang target Anda sehingga Anda membantu Anda untuk mengencangkan otot dan tumbuh.
  •  Jika Anda terus meningkatkan jumlah push up yang Anda lakukan setiap minggu, Anda akan melihat perbedaan massa otot Anda dengan bulan kelima.
  •  Setelah Anda merasa nyaman dengan melakukan 100 push up, Anda dapat membuatnya lebih menantang untuk tubuh Anda dengan melampirkan berat sehingga lebih banyak perlawanan yang dibuat dan otot-otot Anda akan tumbuh lebih besar. Sekarang Anda harus mulai melakukan push up tiga kali seminggu dengan hari istirahat di antara setiap sesi latihan. Ingatlah untuk memiliki dua menit istirahat di antara setiap set. 
Kapalan seorang Karateka yang sering Push Up


Artikel ini diolah dan dikutip dari beberapa sumber media

16 comments:

  1. hai
    saya seorang pelajar dari smpn7 jakarta
    saya sekarang masih kelas 3smp
    saya pernah ikut extrakulikuler karate,
    namun hanya sampai sabuk kuning,
    karena saat itu saya masih tidak tertarik dengan beladiri,
    tapi sekarang saya tahu manfaat dari beladiri, tapi saya tidak ikut perguruan manapun,
    bisa tidak saya melatih ilmu beladiri dengan melatih sendirian??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya adek melanjutkan latihan karate pada perguruan. ilmu adek masih sangat kurang utk belajar sendiri. Nanti kalo adek sudah agak lama belajar disana minimal sampai sabuk biru atau coklat, adek sudah bisa latihan sendiri dan itupun harus dengan usaha yang besar dengan menggali ilmu dan belajar sungguh-sungguh.Yang paling bagus memang adalah belajar lewat perguruan, karena kita bisa dipandu, tapi belajar sendiri bukan berarti tidak bisa loh......

      Delete
  2. kata kohaiku kalau push up tu..... hanya 2 yang boleh nkena karna jika semuanya nanti mata kita akan sakit.....
    apakah itu benar????

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kalo push up jangan sambil melotot , kalo udah bisa karate baru melotot2 kayak orang gila dan tantangin satu persatu biar tambah jago.

      Delete
  3. Mengenai masalah itu memang masih menjadi kontroversi, adek sebaiknya melakukan push up dengan cara yg benar (posisi yang benar), nafas yyg benar, dan landasan buat menopang tinju ke tanah juga aman dalam artian tidak dipermukaan tidak rata apalagi sampai berkerikil tajam. Jika adek melakukan semua hal itu diatas maka keamanan push up bisa tercapai.

    ReplyDelete
  4. usia maksimal klw mau belajar karate brp ya kira2???
    27 tahun apa masi bs mengikuti?

    ReplyDelete
  5. Berlatih Karate tidak dibatasi oleh umur. Umur 27 tahun masih sangat sangat sangat bagus buat latihan karate,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending berlatih renang bisa buat segala usia dan kagak dibuat gaya2 an , kalo resiko ya semua yg ada di dunia ini ada resikonya.

      Delete
  6. buat Ega Septian ada tips nih:
    - emang minimal harus sabuk biru, namun ada lagi cara yg lebih cepat walaupun menyakitkan sih, tp seperti kata pepatah no pain no gain. yaitu sebuah cara bukan sabuknya yg dibuat biru namun mukamu yg kayak tai itu yg dibuat biru2 , coba cari preman di pasar ato di jalan2 kan banyak tuh lah cari yg badannya segede gaban lalu tantangin, lama kelamaan kan jago beladirinya.
    - cara yg kedua juga tidak kalah menariknya, loe udah punya cewek, nah jadiin tuh cewek loe samsak itung2 buat latihan, soalnya yg ikut karate gini pada akhirnya kan juga main kasar tuh sama cewek, bangga lagi kalo bisa gebukin ceweknya nah jadi kalo udah punya cewe nanti dikasarin aja, lumayan buat nambah fantasi sex, sex dan violence tidak bisa dipisahkan coba pikir sendiri bener kagak. terus bisa juga dengan cara cari cewek yg digangguin preman lalu gebukin premannya jadi pahlawan buat si cewek lalu pacari ceweknya, putuskan cewek yg lama lalu gebukin pacar yg baru, ingat yg suka belajar karate2 taek2an itu kan aslinya banci yg ingin dikatakan hebat sama semua orang terutama sama si cewek , dan biasanya dalihnya adalah buat jaga diri. wkwkwkwkw kalo buat jaga diri cukup pake otak hindari daerah2 yg rawan bahaya, hindari perselisihan dan jaga emosi diri sendiri ngerti. kecuali kalo anda emang ingin jadi prajurit maju di medan perang itu baru harus belajar bela diri, namun coba liat bukannya hewan2 buas kalo dikasi cakar malah semakin berbahaya, tuh liat tni ato tentara kita malah gebukin warga RI dan polisi malah tidak berani, non sense lah beladiri buat jaga diri. taek
    - cara yg ketiga ini cara yg paling lama tp paling waras yaitu dengan cara kontrol emosi diri, kontrol pergaulan, hindari daerah2 yg rawan bahaya / preman, berusaha damai dengan semua orang ya intinya otak nya dipake lah loe kan masih sma kelas 3 masak kagak pernah diajari logika, di logika itu ada yg namanya sebab akibat, coba loe pelajari deh sebabnya kebodohan itu apa? wkwkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hey anonim, dari kata-kata mu di atas, ketahuan sekali kalau kamu nda tau apa-apa tentang karate,
      "tau karate cuman lewat TV" tau sedikit berkata banyak, dasar bodoh

      Delete
    2. Hey anonim ....kau tuh tau apa soal karate...karate itu untuk beladiri bukan untuk gaya gayaan apalagi macam kau yang cuma ngomong pake nama anonym tapi nyali kau cuma di sini

      Delete
  7. komen yg sangat pedas dan cerdas dari anonym.

    ReplyDelete
  8. dasar orang bodoh nda ngerti karate tapi banyak ngomong

    ReplyDelete
  9. Komen murahan. Jika tidak tau apa2 tentang karate, jgn berbicara tentang karate. Orang yg seenaknya main kasar walaupun dia karate itu tandanya ilmunya masih cetek, dan dia ga bisa mengamalkan sumpah karate. Karate bukan mengajarkan untuk berantem dalam kondisi apapun, tp karate mengajarkan untuk mencari solusi terbaik dr sebuah masalah. Bahkan master2 karate memerintahakan untuk menjauhi yg namanya berantem.

    ReplyDelete
  10. hahaha agan"..gk ush d hiraukan org sprti itu..dia cmn mw cri sensasi tu wajarlah mau nunjukin kalau dia gk tau apa" tntang bela diri.psti.a dia malu klau brklhi sllu d ksi taek...mka.a dia sprti itu...
    kaciiaannn.😄😄😄😄😄

    ReplyDelete
  11. Beladiri membuat kita lebih tenang dan rendah hati :D

    ReplyDelete