Wednesday, September 22, 2010

Mamfaat Olah Raga Berjalan Kaki

Lari merupakan salah satu bagian dari latihan Karate. Dimana didalamnya terdapat fungsi untuk menguatkan ketahanan fisik Karateka itu sendiri. Yang jelas olah raga berlari sangat berguna bagi siapa saja tidak cuma karateka saja. Tetapi bagaimana dengan orang yang kurang mampu berlari atau tidak sempat berlari seperti halnya lansia. Orang yang kurang mampu berlari dapat digantikan dengan olah raga berjalan kaki. Olah raga berjalan kaki juga dapat memelihara dan meningkatkan kesehatan kita apabila dilakukan secara teratur. nah olah raga berjalan kaki saja sudah dapat membuat kita sehat dan panjang umur, apalagi olah raga lari. tapi disini tidak dibahas tentang olah raga Lari tapi tentang olah raga berjalan kaki. Kenapa kali ini tidak dibahas tentang olah raga lari melainkan berjalan kaki? karena olah raga berjalan kaki dapat dilakukan siapa saja baik tua dan muda serta seluruh profesi bukan hanya atlit saja, bahkan kadang2 karatekapun kadangkala tidak luput dari yang namanya jalan kaki, mungkin ia tak sempat atau tidak ada peluang untuk olahraga lari tapi ia ingin tetap menjaga kesehatannya.Artikel dibawah ini akan menguraikan tentang pentingnya olahraga jalan kaki beserta penelitiannya, selamat mengikuti!
Olahraga adalah faktor sangat penting dalam kesehatan. Bapak Kedokteran Hypocrates pernah mengungkapkan suatu kalimat mutiara yang telah menyebar di masyarakat luas selama lebih dari 2400 tahun lamanya: "Sinar Matahari, Udara, Air dan Olahraga adalah Sumber daripada Kehidupan dan Kesehatan" . Jika anda ingin mendapatkan Kehidupan (live) dan Kesehatan (health), anda takkan dapat dipisahkan dari Sinar Matahari, Udara, Air dan Olahraga! Berarti Olahraga sama pentingnya dengan Sinar Matahari. Kita semua tahu bahwa asal usul gerakan Olympiade adalah Yunani Kuno, di sebuah puncak gunung di Yunani terukir kata-kata sebagai berikut: "Anda ingin menjadi sehat? Anda berlarilah! Anda ingin jadi pintar? Berlarilah! Anda ingin jadi cantik? Berlarilah!" Artinya tidak lain bahwa olahraga lari akan membuat orang menjadi sehat, menjadi pintar, dan menjadi langsing.
Jenis Olahraga apa yang terbaik? Ternyata olahraga jalan adalah olahraga terbaik di dunia. Lebih baik ketimbang golf, bowling, renang. Sebab umat manusia dalam evolusinya yang berjalan jutaan tahun, dari kera sampai jadi manusia, seluruh struktur tubuhnya adalah didesain untuk keperluan jalan kaki. Jadi jalan kaki adalah olahraga terbaik di dunia. Di sini, saya ingin menegaskan satu hal bahwa pengerasan pembuluh darah (Arterioclerosis) dapat dicegah. Arterioclerosis dapat berubah dari berat ke ringan, atau dari ringan ke berat; dari tidak ada menjadi ada atau dari ada menjadi tidak ada. Jadi proses perubahan adalah dua arah (reversible). Pada tahun 1960, ketika masih mahasiswa, Dosen saya pernah mengatakan bahwa pembuluh darah sekali mengeras tidak akan dapat diperbaiki. Baru pada akhir-akhir ini para Ilmuwan Kedokteran membuktikan bahwa pengerasan pembuluh darah adalah proses bolak-balik. Ia dapat berubah dari ringan ke berat, dari berat ke ringan, dari tidak ada berubah menjadi ada, dari ada menjadi tidak ada. Walau tidak mungkin dapat tuntas hilang sama sekali, tetapi sebagian besar pengerasan dapat dihilangkan, dan olahraga jalan adalah metode yang paling effektif untuk merubah dari pengerasan menjadi pelembutan. Melalui olahraga jalan kaki, efeknya sangat baik terhadap tekanan darah, kolesterol dan berat badan. Olahraga jalan bagi warga usia lanjut memang sangat bagus paling cocok!

Olahraga jalan macam mana yang terbaik? Cukup dinyatakan dengan 3 (tiga) kata: Tiga, Lima, & Tujuh . Apakah "Tiga" itu? Porsi jalan yang terbaik adalah 3 (tiga) kilometer atau berjalan 30 menit ke atas. Apakah "Lima"? Setiap minggu tidak kurang dari 5 (lima) kali. Apa arti "Tujuh"? "Tujuh" adalah takaran yang pas bagi olahraga jalan. Olahraga yang berlebihan berbahaya bagi kita. Lalu apa yang dimaksud dengan takaran yang pas? Yang dimaksud adalah berolahragalah sampai usia Anda ditambah dengan denyut pulsa jantung anda sama dengan 170 . Misalnya anda berusia 50 tahun, berolahraga sampai denyut jantung anda mencapai 120, denyut jantung ditambah dengan usia menjadi 170. Inilah takaran yang pas. Lantas kalau kondisi tubuh sangat fit, maka takaran yang pas dapat bertambah sedikit, kalau kondisi tubuh kurang sehat, takaran dapat berkurang sedikit.

Baru-baru ini pernah dilakukan eksperimen terhadap orang-orang lansia. Orang-orang lansia dibagi menjadi 2 (dua) kelompok. Kelompok pertama rata-rata tiap hari berjalan 4,2 KM, kelompok lainnya sama sekali tidak berolahraga. Akhirnya ditemukan bahwa kelompok pertama yang berjalan 4,2 KM itu prosentase kematian dan penderita jantung coroner dibanding dengan kelompok kedua yang tak berolahraga, turun 60 %! Lihatlah betapa faedah olahraga jalan kaki! Olahraga jalan kaki bila dilakukan konsisten, dapat menggantikan sebagian besar Health Food. bagaimana dengan pendapat anda?

No comments:

Post a Comment