Monday, September 20, 2010

Perbedaan JKF GOJUKAI & GOJUKAI IKGA.

Banyak karateka di Indonesia tidak mengenal kedua nama organisasi tersebut. Dari nama memang memiliki kemiripan yang nyaris tidak memiliki perbedaaan. Tetapi sebenarnya secara RULES sangat berbeda. Baik dari lambang pun serupa tapi tidak sama. Nama Gojukai di ciptakan oleh Sensei Gougen Yamaguchi sebagai penghargaan kepada sang maha guru yaitu Chojun Miyagi Sensei. Dengan julukan DEWA KEPALAN mengilhami Gougen Yamaguchi sensei menciptakan lambang itu.

Kita sedikit merilis Gougen Yamaguchi sensei, mulai berlatih Goju Ryu. Sebelum beliau berlatih Goju Ryu di Retsumikan University Kyoto Jepang ,beliau adalah juga ahli dalam seni beladiri Pedang ( Japanese Fencing ) Kenjutsu-kendo. Beliau mengenal Goju Ryu dari seorang bernama MARUTA sensei seorang Okinawa sebelum akhirnya Goegen Yamaguchi berlatih di bawah arahan langsung Chojun Miyagi Sensei.

Karena ketekunannya akhirnya beliau mengembangkan Tekhnik Goju Ryu di Jepang dan memberikan nama bagi clubnya yaitu GOJUKAI. Club Gojukai berkembang pesat dengan berbagai nama club baru sebagai kecabangan dari GOJUKAI itu sendiri. Akhirnya beliau juga mendirikan lembaga bernama ALL JAPAN GOJUKAI ASSOCIATION dimana Gougen Yamaguchi sensei sebagai President dan Masutatsu Oyama ( Coi Hong Hee ) sebagai wakilnya. Masutatsu adalah orang korea yang diwarganegara jepangkan. Kelak Masutatsu meninggalkan Gojukai dan mendirikan KYOKUSHIN.

Gougen Yamaguchi sensei meninggal dunia pada tahun 1989 dalam usia 81 tahun. Sepeninggal nya Gougen Yamaguchi sensei, terjadi perpecahan di dalam tubuh GOJUKAI. SHOJO UJITA keluar dari Gojukai dan mendirikan JKF-GOJUKAI. TSUJI TAZAKI mendirikan SEIWAKAI dan Gojukai sendiri menjadi organisasi yang berdiri sendiri dengan identitas baru yaitu GOJUKAI-IKGA. Saat Ini Gojukai-IKGA di urus oleh anak-anak Gougen Yamaguchi sensei yaitu Gosei Yamaguchi dan Gosen Yamaguchi.

SHOJO UJITA sensei ( JKF-GOJUKAI ) & TSUJI TAZAKI sensei (SEIWAKI) kembali ke Okinawa dimana lahirnya Goju Ryu. Disinilah JKF-GOJUKAI & SEIWAKAI sepakat untuk mempertahankan originalitas KATA GOJU RYU. Selain itu Shojo Ujita & Tsuji Tazaki ikut pula menjadi Board Commision dalam JKF ( JAPAN KARATE FEDERATION). Selain itu JKF GOJUKAI pun menjadi Board Advisor dalam penentuan kebijakan KATA GOJU RYU di tubuh WKF ( World Karate Federation ).

Sedang GOJUKAI-IKGA memiliki event sendiri di luar WKF. Salah satu Kebijakan JKF GOJUKAI adalah dengan di angkatnya AKIRA SHIOMI sensei menjadi kepala team pelatih KATA JKF-GOJUKAI maupun JKF dimana AKira Shiomi sensei melahirkan atlit KATA juara Dunia WKF yaitu ABE dan Atsuko WAKAI.

Hal-hal yang di pertahan kan oleh JKF-GOJUKAI dan SEIWAKAI serta keturunannya yang kembali ke OKINAWA adalah mempertahankan 12 original GOJU RYU KATA mulai dari : Sanchin,Gekisai ( 1 & 2 ),Saifa,Shisochin,Seiyunchin,Sepai,Sanseru,Kururunfa,Seisan, Separunpei/Pethurin dan Tensho,dimana KATA yang di pelajari tersebut harus memahami BUNKAI nya.

Sedang pada GOJUKAI-IKGA di sisipkan Tae Kyoku ,koryu,Genkaku dan Chikaku pada Tokuteinya.

INDONESIA

Sehingga Organisasi Goju Ryu yang merujuk kepada Gojukai harus diluruskan kiblatnya apakah kepada JKF-GOJUKAI atau GOJUKAI-IKGA. Mengapa demikian ? hal ini demi tegaknya sejarah yang benar dan bukan untuk membuat perbedaan yang mengakibatkan perpecahan. Anak-anak didik kita lah taruhan masa depan kelangsungan organisasi kita yang sangat kita banggakan. Mudah-mudahan info ini sangat berguna bagi seluruh karateka Goju Ryu di Indonesia.

No comments:

Post a Comment