Friday, October 8, 2010

Kata Karate Heian Godan

Pembahasan Kata Karate versi Shotokan


Kata Heian

Mengapa Kata Dasar ini disebut Heian (pikiran yang damai) karena Kata tersebut menggambarkan periode antara 794-1192 di Jepang yang belum pernah ada peperangan sama sekali, jadi pada priode itu adalah masa yang paling damai di Jepang dibawah pemerintahan Dynasti Heian. Banyak senior2 para pemegang sabuk hitam ke atas yang melupakan latihan kata Heian, padahal latihan kata Dasar seperti Heian perlu kesempurnaan dan harus dilatih untuk seumur hidup.


Heian Godan


Heian Godan adalah kata yang paling menarik secara visual diantara kata lainnya. Pada Kata ini Karateka tidak hanya mengembangkan kontras antara gerakan cepat (tajam) dan lambat saja tetapi juga harus terampil dalam melompat dengan cepat, seimbang dan efektif. Melalui keefektifan kata ini seorang karateka tidak hanya diajari piawai dan sempurna dalam mengerjakan kata sebelumnya tetapi dengan belajar kata ini seorang karateka dituntut untuk belajar menggabungkan keterampilan seperti transisi sikap.


Meskipun untuk siswa tingkat lanjutan gerakan dari kata ini cukup simple, boleh jadi bagi newbie gerakan seperti pergerakan berat dan keseimbangan dari kuda2 zenkutsu Dachi menjadi Kokotsu Dachi bisa sangat sulit. Melalui banyak pengulangan dalam latihan kata ini, seorang siswa akan belajar bagaimana menggunakan dan menghasilkan tenaga ke potensial maksimal.

Kata ini memperkenalkan banyak teknik seperti Manji-game-uke, dan teisho (meskipun banyak gaya tidak harus menggunakan teknik dengan cara ini) .

Kata ini memiliki 23 gerakan dengan waktu aplikasi 50 detik.

No comments:

Post a Comment