Wednesday, October 27, 2010

Penerapan Teknik Karate dalam Beladiri

Bab ini diilhami oleh naskah kuno orang Okinawa bernama Bubishi. Ini bukan berarti saya akan menunjukkan secara detail ke 48 teknik tsb.
Tujuan artikel ini adalah untuk menunjukkan keanekaragaman teknik karate – seperti serangan, tendangan, kuncian, lemparan, penghalang dan memegang. Selanjutnya, jika kita hanya menganalisis satu teknik, disitu ada banyak variasi tergantung gaya yang dianut dan tradisi atau dari sudut pandang seorang guru. Berikut ini adalah pandangan saya, berdasarkan bertahun-tahun praktek, penelitian dan seminar.
Saya akan merekomendasikan kepada anda semua untuk membaca Bubishi dan Funakoshi Tote jutsu.
Semua teknik yang ditunjukkan di sini dapat ditemukan dalam kata. Jika Anda berlatih Shotokan atau beberapa gaya modern lainnya, maka mungkin Anda akan berpikir bahwa banyak dari teknik ini kejam dan "kotor". Namun, teknik yang disebut kejam dan kotor ini adalah benar-benar teknik karate Okinawa yang asli. 

Stanic Milos

SOKUTO Geri 
Serangan pada Lutut

Teknik ini cukup langka di Shorin ryu. Namun, tidak begitu langka di Goju dan sekolah Uechi. Point di sini adalah untuk mematahkan lutut lawan dalam konfrontasi jarak dekat.
Hal ini sangat penting untuk menggunakan hikite (tarik berlawanan dengan tangan Anda) dan menggunakan seluruh berat badan . Ini adalah teknik sangat menghancurkan. Bahkan jika Anda melewatkan lutut lawan, Anda dapat menghancurkan shin nya atau kaki.
Tips: Ketika melakukan sokuto jangan melihat ke bawah, karena ini akan mengungkapkan niat Anda. tetap pandang   mata lawan.


Referensi kata: Pasai, Anan, Sanseiryu
ORANG TUA MEMIKUL IKAN
Juji Uke 

Teknik kunci siku adalah bagian dari kata kushanku. Gerakan dalam kata ditampilkan sebagai jodan juji uke  dan berbalik. gambar serupa ada di Bubishi.

Anda dapat menggunakan kunci ini sebagai pertahanan melawan pukulan roundhouse atau serangan pisau. Hal ini sangat penting untuk memegang lengan lawan dengan sangat kuat.
Tips: Daripada mematahkan sikutnya, Anda dapat mengambil kedua lengan dan melemparkan dia 

Referensi kata: Kushanku
EKOR NAGA  
Teknik melepaskan diri

Ini adalah aplikasi dari ryu no shita kamae- "sikap
pertempuran  lidah Naga" (kushanku).
Ketika seseorang mencoba untuk menangkap dan memelintir tangan Anda, Anda harus membalikan tubuh anda  dan cambuk wajahnya dengan "tangan besi" (tetsui).
Tips: Anda harus dekat dengan lawan, sehingga tetsui Anda dapat mencapai wajahnya.
Referensi kata: Seisan, Kushanku

SOKUMEN Geri 
tombak kaki

Teknik ini lebih banyak digunakan di masa lalu. Ujung kaki digunakan sebagai bidang kontak ketika menendang ke perut lawan.
Meskipun Geri sokumen terlihat tidak praktis dan menyakitkan, pada kenyataannya sangat efektif. Tentu saja, tendangan ini lebih berbahaya ketika Anda memiliki sepatu.
Tips: Anda tidak dapat menggunakan kekuatan yang sama  pada sokumen Geri  seperti halnya dalam mae Geri yang sederhana. Ini adalah kesalahan yang paling umum. Tentang kekuatannya, Anda harus sangat cepat dan akurat.
Refrence kata: Useishi, Chinto ...

SHOKEN
mata phoenix

Dalam Karate Okinawa Kuno, Shoken adalah tehnik paling mendasar.
Namun, shoken saat ini digantikan oleh "kepalan sederhana" (sei-ken), karena lebih mudah bagi pemula untuk belajar.
Sho-ken sangat menyakitkan ketika menyerang batang lawan . Sei-ken harus digunakan ketika menyerang hidung lawan, namun efektivitasnya terhadap batang lawan relatif kecil jika dibandingkan dengan shoken.
Kyusho: tenggorokan, ketiak, solar plexus, persimpangan jugularis, sternum (tulang dada).
Tips: Anda tidak perlu pukulan keras dengan shoken. Sebaliknya, Anda harus lebih fokus pada putaran pertama. Dengan rotasi yang tepat Anda akan menghasilkan kekuatan yang luar biasa.
Referensi kata: Seisan



                                                                                                                                                                               Bersambung..........
 sumber:www.karateblogger.com

No comments:

Post a Comment