Thursday, October 28, 2010

Penerapan Teknik Karate dalam Beladiri (bagian 2)

Bab ini diilhami oleh naskah kuno orang Okinawa bernama Bubishi. Ini bukan berarti saya akan menunjukkan secara detail ke 48 teknik tsb.
Tujuan artikel ini adalah untuk menunjukkan keanekaragaman teknik karate – seperti serangan, tendangan, kuncian, lemparan, penghalang dan memegang. Selanjutnya, jika kita hanya menganalisis satu teknik, disitu ada banyak variasi tergantung gaya yang dianut dan tradisi atau dari sudut pandang seorang guru. Berikut ini adalah pandangan saya, berdasarkan bertahun-tahun praktek, penelitian dan seminar.
Saya akan merekomendasikan kepada anda semua untuk membaca Bubishi dan Funakoshi Tote jutsu.
Semua teknik yang ditunjukkan di sini dapat ditemukan dalam kata. Jika Anda berlatih Shotokan atau beberapa gaya modern lainnya, maka mungkin Anda akan berpikir bahwa banyak dari teknik ini kejam dan "kotor". Namun, teknik yang disebut kejam dan kotor ini adalah benar-benar teknik karate Okinawa yang asli. 

Stanic Milos

 Bangau mengibarkan Sayap
shuto ashi harai

Ini adalah  salah satu cara menggunakan teknik Shuto no Kamae dari kata Kushanku.
Gunakan tangan depan Anda untuk menangkis serangan tangan lawan  dan merebut dengan tangan belakang Anda. Bersamaan dengan itu menyerang wajahnya dengan  Shuto, lalu anda melakukan  sapuan dengan paha ke kaki  lawan.
Teknik serupa ditampilkan di Bubishi. Seperti banyak teknik dan variasi di Okinawa karate teknik ini tidak memiliki nama, jadi saya akan menggunakan nama yang deskriptif dari Bubishi dan naskah Cina lainnya.
 
Tips: Serangan  ke kepala lebih seperti menekan.


Referensi kata: kushanku


Paruh Bangau
kakushiken


Ujung jari bisa sangat berbahaya untuk membela diri. Meskipun ada banyak teknik jari karate Okinawa, kakushiken uechi ryu adalah salah satu favorit saya. Teknik menyodok bertujuanpada sasaran lunak - mata, leher, persimpangan jugular
Tips: Anda juga dapat menggunakan teknik ini untuk membela diri  terhadap lawan yang mendekap anda dari belakang. Aplikasi ini merupakan bagian dari Seisan kata.
 

Referensi kata: Sanseiru, Seisan
Belalang Pemangsa
shukouken

Bentuk ini merupakan bagian dari kata Anan (ryueiryu). Hal ini juga ditemukan dalam suparinpei kata.
Senjata ini juga dikenal sebagai "kepala bangau".

Tips: Gunakan tangan belakang Anda untuk melakukan teknik kuncian bersama dan daripada menghancurkan wajahnya.

Referensi kata:Anan, Superinpei


Tora Guchi
mulut harimau

Tora guchi adalah teknik yang umum di karate Okinawa. Sikap Ini selalu dilakukan dengan kuda2 neko ashi-Dachi (sikap kucing). Point disini adalah dengan menggunakan tangan Anda dalam konfrontasi jarak dekat untuk merebut tenggorokan lawan atau testis. Ini adalah respon yang sangat efektif dalam jarak dekat.


Yoko Empi 
Pukulan sisi siku 
 
Yoko EMPI uchi adalah teknik yang sangat umum. Maksud sebenarnya dari teknik ini  adalah untuk membela diri dari dekapan  lawan  dari arah belakang.
serangannya ditujukan ke wajah lawan.
Tips: Hal ini sangat penting untuk menangkap lengan lawan sehingga Anda dapat melakukan hikite (menariknya menjadi suatu serangan).
 

Referensi kata: Kushanku, Anan


                                                                                                                                                                            Bersambung.........
 sumber:www.karateblogger.com

No comments:

Post a Comment