Friday, October 29, 2010

Penerapan Teknik Karate dalam Beladiri (bagian 3)

Bab ini diilhami oleh naskah kuno orang Okinawa bernama Bubishi. Ini bukan berarti saya akan menunjukkan secara detail ke 48 teknik tsb.
Tujuan artikel ini adalah untuk menunjukkan keanekaragaman teknik karate – seperti serangan, tendangan, kuncian, lemparan, penghalang dan memegang. Selanjutnya, jika kita hanya menganalisis satu teknik, disitu ada banyak variasi tergantung gaya yang dianut dan tradisi atau dari sudut pandang seorang guru. Berikut ini adalah pandangan saya, berdasarkan bertahun-tahun praktek, penelitian dan seminar.
Saya akan merekomendasikan kepada anda semua untuk membaca Bubishi dan Funakoshi Tote jutsu.
Semua teknik yang ditunjukkan di sini dapat ditemukan dalam kata. Jika Anda berlatih Shotokan atau beberapa gaya modern lainnya, maka mungkin Anda akan berpikir bahwa banyak dari teknik ini kejam dan "kotor". Namun, teknik yang disebut kejam dan kotor ini adalah benar-benar teknik karate Okinawa yang asli.

Stanic Milos

Tomoe  Nage
Roda Besar

Teknik ini diilustrasikan dalam Bubishi kuno. Ada kemungkinan bahwa ini adalah salah satu variasi dari kata Unshu.

Tomoe Nage adalah istilah ju jutsu, juga dikenal sebagai "pengorbanan melempar". Point disini adalah jatuh di tanah dan melontarkan lawan di atas kepala Anda.

Teknik ini sangat efektif jika Anda dihadapkan melawan lawan kuat yang mencoba untuk mendorong Anda dengan memegang kerah Anda.

Referensi kata: Unshu
Simak
Baca secara fonetik

Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

Terjemahkan situs web mana pun

Lakukan banyak hal dengan Google Terjemahan



Mawashi Empi
Serangan Sikut Melengkung


Satu lagi teknik sikutan. Variasi ini digunakan ketika penyerang berada di depan Anda.

menangkis serangan lawan, geser menjadi jarak dekat dan layangkan serangan sikut ke wajahnya.

Tips: Gunakan tangan Anda yang lain untuk menahan kepala lawan atau rambut dan menariknya ke sikut yang menyerang. Dengan cara ini Anda akan melipatgandakan efektivitas teknik.

Referensi kata: Kushanku


Hiraken
cakar beruang

Ini adalah penerapan pukulan gaya kuno , dikenal juga dengan sebutan Kuma-di ("kaki beruang ").

Point disini adalah dengan menggunakan buku-buku jari depan Anda ketika menyerang wajah lawan. Teknik ini ditemukan dalam berbagai bentuk. Berikut ini digambarkan aplikasi dari kata Sanseiru. Buku-buku jari depan digunakan untuk menyerang di wajah, rusuk dan tangan.

Tips: Anda tidak perlu menggunakan seluruh massa tubuh Anda untuk serangan ini. Hiraken digunakan untuk mencambuk, seperti pukulan belakang dan oleh karena itu cocok dalam konfrontasi jarak dekat.

Kata referensi: Sanseiru, Jion

Tuite
Tangan Naga


Istilah tuite atau torite menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, tidak ada definisi yang tepat dari tuite. Kita dapat mengatakan bahwa tuite adalah gambaran secara keseluruhan dari berbagai kumpulan teknik seperti mengambil-menarik-menusuk-merobek yang tersembunyi dalam bentuk2 karate Okinawa. Tehnik mirip jiu-jitsu ini sering bukan bagian dari kurikulum resmi. Mereka seperti rempah-rempah, Anda menambahkan sedikit sesuai dengan selera Anda, tapi bukan makanan utama anda. Ini adalah masalah pengalaman atau keahlian.

Jari
Ada banyak variasi teknik penguncian jari. Biasanya Anda akan terlalu-memperpanjang atau terlalu-memutar jari. Jempol dapat juga tertekuk berlebihan. Ini adalah teknik yang sangat menyakitkan yang akan membantu Anda untuk benar-benar menundukkan lawan Anda.

Jambakan Rambut
Ini merupakan suatu teknik pertempuran yang sangat universal. Gaya potongan  rambut pendek sangat umum saat ini, tapi di masa lalu 99% penduduk memiliki rambut yang panjang dan teknik ini sangat efektif. Point di sini adalah untuk merebut, memutar dan tarik. Anda dapat menggunakan menjambak rambut untuk melemparkan lawan ke tanah atau untuk menyerang wajahnya.
 Menusuk
Anda dapat menusuk mata , lekukan jugularis, di bawah rahang atau ketiak lawan. Tusukan sangat menyakitkan, tetapi ini tidak akan dapat menghentikan penyerang Anda. Tusukan ini digunakan tidak lebih seperti teknik mengganggu.


 Menyobek
Dalam Okinawa karate sangat penting untuk memperkuat jari dan tangan anda. Dalam jarak dekat Anda dengan mudah dapat merobek tenggorokan atau alat kelamin lawan. Anda juga dapat merobek kulit lawan untuk  mengganggunya (trisep, paha, sisi perut).
Simak
Baca secara fonetik
Teknik Kotor
Ada banyak trik kotor di karate, biasanya ditularkan secara lisan sebagai teknik tersembunyi dari kata. Beberapa contoh: serangan ke kepala, melempar ke mata lawan, pura-pura menyerah (suirakan Kamae - Pasai), berpura-pura mabuk (useishi).

 Kuncian Sendi
Didalam  kenyataan jika lawan tidak mau menyerah, Anda hanya akan meringkusnya dengan teknik penguncian sendi yang menyakitkan. Memutar dan mematahkan sikut atau tangan. Teknik penghalang  juga sangat baik sebagai teknik pengendalian.
Simak
Baca secara fonetik
Simak
Baca secara fonetik

Simak
Baca secara fonetik
Simak
Baca secara fonetik
 Bersambung....................
sumber:www.karateblogger.com

1 comment:

  1. Karate jutsu ( tote jutsu ) sangat mirip jujutsu. Tekniknya brutal & mematikan. Sebuah beladiri yg sangat langka sekarang ini

    ReplyDelete