Monday, November 1, 2010

Penerapan Teknik Karate dalam Beladiri (bagian 4)

Bab ini diilhami oleh naskah kuno orang Okinawa bernama Bubishi. Ini bukan berarti saya akan menunjukkan secara detail ke 48 teknik tsb.
Tujuan artikel ini adalah untuk menunjukkan keanekaragaman teknik karate – seperti serangan, tendangan, kuncian, lemparan, penghalang dan memegang. Selanjutnya, jika kita hanya menganalisis satu teknik, disitu ada banyak variasi tergantung gaya yang dianut dan tradisi atau dari sudut pandang seorang guru. Berikut ini adalah pandangan saya, berdasarkan bertahun-tahun praktek, penelitian dan seminar.
Saya akan merekomendasikan kepada anda semua untuk membaca Bubishi dan Funakoshi Tote jutsu.
Semua teknik yang ditunjukkan di sini dapat ditemukan dalam kata. Jika Anda berlatih Shotokan atau beberapa gaya modern lainnya, maka mungkin Anda akan berpikir bahwa banyak dari teknik ini kejam dan "kotor". Namun, teknik yang disebut kejam dan kotor ini adalah benar-benar teknik karate Okinawa yang asli.

Stanic Milos

Kinteki Geri
Tendangan selangkangan sebagai pertahanan melawan tendangan

Ketika seseorang mencoba untuk menendang Anda, jangan berupaya untuk menangkisnya. Pelanggaran adalah pertahanan terbaik, jadi tendang selangkangan  dia.

Kinteki Geri dilakukan selalu dengan kaki depan Anda. Hal ini cepat dan akurat, cambukan tendangan. Melangkah  ke samping dan tangkis tendangan lawan dengan gedan haito uke.

Tips: Jangan mencoba untuk menggunakan kekuatan terlalu banyak, karena akan memperlambat tendangan Anda. Anda tidak perlu terlalu banyak menggunakan kekuatan untuk menendang seseorang di pangkal paha. Anda hanya harus sangat cepat dan akurat.

Referensi kata: Chinto, Anan



Tobi Geri
tendangan terbang

Tobi Geri ditemukan dalam banyak bentuk di karate Okinawa. Ini adalah teknik yang sangat efektif. Semua teknik tendangan karate Okinawa biasanya digunakan pada wilayah dada kebawah. dada. Namun, tendangan ini ditujukan untuk kepala lawan. Anda dapat menggunakan Tobi Geri bila Anda terpojok (berada di sudut) atau ketika belakang anda ada dinding.

Tips: Teknik terdiri dari dua tendangan depan. Tendangan pertama digunakan sebagai samaran dan sebagai cara yang efektif untuk mengambil jarak. Kedua tendangan dilakukan di udara.

Referensi kata: Kushanku, Chinto


Gedan Uchi
merobohkan

Teknik ini merupakan bagian dari urutan utama dalam kata Kushanku. Point disini adalah untuk mengalahkan lawan yang sudah jatuh ke tanah. Setelah teknik melempar, selesaikan dengan serangan kuat ke wajah. Gunakan berat badan Anda untuk memperkuat daya serangan.

Tips: belakang anda sebaiknya selalu lurus.

Referensi kata: Kushanku



Moroto  Teisho Uchi
 Pukulan keras ke telinga

Ini teknik sederhana, namun sangat efektif. Ketika dihadapkan dengan seseorang yang mencoba memegang anda Anda, cepat serang  telinganya dengan kedua telapak tangan. gendang telinga Lawan pasti akan sangat sakit.

Teknik ini juga diilustrasikan dalam Bubishi.

Tips: Ambil rambut lawan dan leher lalu banting dia ke tanah dengan menggunakan manipulasi kepala.

Referensi kata: Seisan


Empi Uchi
serangan sikut


 Ini adalah variasi dari serangan sikut.Serangan Sikut adalah sangat kuat. Hal ini digunakan untuk menghancurkan muka lawan atau untuk mematahkan tulang rusuknya.


Tips: Anda dapat menghancurkan wajahnya dengan hiraken (buku-buku jari depan) atau menusuk kantung matanya dengan kakushite (paruh bangau). Ini cukup sederhana ketika serangan sikut muncul, kemudian disusul belakangan oleh pukulan hiraken . Uechi ryu menggunakan kombinasi ini.

Referensi kata: seisan uechi, sanseiru

Ushiro Teisho Uchi
Serangan telapak tangan

Telapak tangan  bisa sangat berguna ketika seseorang mencoba untuk mendekap Anda dari belakang. Cukup, ambil langkah samping dan hancurkan pangkal pahanya dengan telapak tangan. Gunakan tangan anda yang lain untuk melunakkan pegangannya. Teknik ini juga diilustrasikan dalam Bubishi.

Tips: selain  penyerangan tadi, Anda dapat juga menggenggam dan merobek testis penyerang.

Referensi kata: Seisan, Kushanku


Kinteki Tsuki
Turun kebawah dan meninju

Kadang-kadang, ketika penyerang mencoba untuk mengambil, memukul atau mendorong Anda, cepat turunkan lutut Anda dan tinju dia ke arah pangkal paha. Ini adalah teknik jalanan yang benar.

Tips: Gunakan tangan Anda yang lain untuk melindungi wajah Anda dari pukulannya atau dari lututnya.

Referensi kata: Chinto

Teisho Uchi
menampar wajah

Teknik ini merupakan teknik yang sangat mendasar dalam Shorin ryu. Gunakan tangan depan Anda untuk menyerang wajah penyerang. Melangkah ke samping (Tenshin) menjadi  posisi kuda2 kucing (neko ashi) dan tangkis kembali dengan tangan anda.

Dalam hubungannya dengan telapak tangan, anda dapat dengan mudah menggunakan pisau tangan (Shuto) dan menyerang tenggorokannya.

Tips: Lanjutkan dengan turun ke bawah (osoto gari) atau dengan kunci siku.

Referensi kata: Pasai

Kinteki Tsuki II
genggam dan robek

Anda selalu harus waspada dalam jarak dekat. Penyerang biasanya selalu lebih dari anda dan gulat adalah wilayahnya. Dalam Shorin ryu, Anda selalu menghindari upaya penyerang untuk mengambil Anda. Namun, terkadang Anda tidak punya pilihan lain. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus mencoba untuk merebut alat kelamin penyerang sehingga ia membiarkan Anda pergi.

Tips: Anda dapat menggabungkan penggunaan sikut atau uraken dengan teknik ini.

Referensi kata: Chinto, Pasai

  
 Bersambung............
sumber:www.karateblogger.com

2 comments:

  1. tolong jelaskan kn lh untuk tendangan yang menggunakan alat bantu pada latihan yaitu pemberat kaki,,
    blz

    ReplyDelete
  2. Setahu saya memakai alat pemberat kaki untuk latihan tendangan adalah sangat berbahaya, apalagi utk latihan tendangan tinggi, dampaknya akan mencederai kaki dgn serius, pemberat kaki dapat bermamfaat bagi kita jika hanya utk latihan2 yang kecil saja, misalnya lari kecil /jogging menggunakan pemberat kaki.

    ReplyDelete