Tuesday, April 5, 2011

Penerapan Teknik Karate dalam Beladiri (bagian 7)

Bab ini diilhami oleh naskah kuno orang Okinawa bernama Bubishi. Ini bukan berarti saya akan menunjukkan secara detail ke 48 teknik tsb.
Tujuan artikel ini adalah untuk menunjukkan keanekaragaman teknik karate – seperti serangan, tendangan, kuncian, lemparan, penghalang dan memegang. Selanjutnya, jika kita hanya menganalisis satu teknik, disitu ada banyak variasi tergantung gaya yang dianut dan tradisi atau dari sudut pandang seorang guru. Berikut ini adalah pandangan saya, berdasarkan bertahun-tahun praktek, penelitian dan seminar.
Saya akan merekomendasikan kepada anda semua untuk membaca Bubishi dan Funakoshi Tote jutsu.
Semua teknik yang ditunjukkan di sini dapat ditemukan dalam kata. Jika Anda berlatih Shotokan atau beberapa gaya modern lainnya, maka mungkin Anda akan berpikir bahwa banyak dari teknik ini kejam dan "kotor". Namun, teknik yang disebut kejam dan kotor ini adalah benar-benar teknik karate Okinawa yang asli. 

Stanic Milos



KEN TSUKI
Pukulan ke Hidung dengan kepalan Tinju

Ini adalah suatu teknik karate yang sangat mendasar. Satu yang harus diingat bahwa pukulan ini tidak sama dengan pukulan dalam olahraga karate.

Dalam karate modern sangat sering digunakan untuk melakukan serangan ke daerah antara kepala dan leher lawan, namun hal ini tidak sangat efektif dalam membela diri. Dalam tinju karate kuno serangan tinju ini ditujukan ke hidung lawan.

Tips: Ambil lengan lawan dan tarik, gerakan ini disebut hiki-te. Dengan cara ini, anda akan dapat mengendalikan lawan dan membuat serangan anda jauh lebih mematikan.

Referensi Kata: Seisan


KINTEKI GERI
Tendangan ke Arah Selangkangan

Kinteki Geri selalu dilakukan dengan posisi kaki terdepan anda, sangat cepat dan akurat.

Tips : ambil langkah ke samping dan ambil/pegang lengan lawan untuk lebih mudah mengendalikannya.

Referensi kata: Seisan, Kushanku, Anan



SHUTO UCHI
Pukulan Pisau Tangan ke Arah Tenggorokan Lawan

Pisau tangan merupakan salah satu senjata utama yang paling efektif pada karate Okinawa kuno. Teknik ini bisa sangat berbahaya bila ditujukan ke tenggorokan lawan.
Selain itu, serangan ini dapat digunakan untuk menghancurkan muka lawan dan anggota badan.

Tips: Tangkis serangan lawan dengan tangan lain dan lalu lancarkan serangan balasan secara bersamaan.
Referensi kata: Kushanku


SAGURI-TE
Mengganggu Mata

Dalam bela diri, Anda dapat dengan mudah menggangu mata lawan dengan jari-jari Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan tangan terdepan Anda, karena Anda dapat menutup lebih banyak ruang dengan tangan depan Anda.

Tips: Jangan menjadi kaku. Teknik ini tidak memerlukan kekuatan. Kecepatan dan akurasi adalah semua yang Anda butuhkan.

Referensi kata: Passai, Kushanku

HIZA GERI
Lutut Penghancur

Lutut adalah salah satu senjata yang paling hebat dalam Karate. Anda tidak perlu terlalu banyak berlatih untuk memahami penggunaannya.
Lutut digunakan untuk menghancurkan selangkangan lawan dan kadang-kadang, tergantung situasi, Jika ditujukan untuk menyerang kepala lawan maka dengan mudah serangan kita akan menjatuhkan dia.

Tips: Anda harus menggunakan tangan Anda (hiki-te) untuk mengontrol dan menarik lawan ke lutut yang menjadi alat penyerang. Tanpa tangan Anda Geri hiza hampir tidak berguna.

Referensi kata: Passai

EMPI UCHI
Sikut Penghancur

Siku dan lutut adalah alat penyerang yang terbaik jika digunakan dalam jarak dekat. Ini adalah senjata Pamungkas jika lawan yang kuat mencoba untuk memegang/mencengkram Anda. Lutut dan sikut dapat sangat menghancurkan dengan hanya waktu latihan yang sangat sedikit.
Serangan Siku adalah serangan yang sangat kuat. Hal ini digunakan untuk menghancurkan muka lawan atau untuk mematahkan tulang rusuknya.

Tips: Anda harus menggunakan tangan belakang Anda untuk menarik dan mengontrol lawan. Hiki-te yang paling penting di sini. Jangan gunakan seluruh lengan bawah Anda untuk menghancurkan. Fokus semua kekuatan Anda di bagian atas siku (olekranon).

Referensi kata: Passai, Kushanku, Anan


USHIRO EMPI  UCHI
Sikut Penghancur

Ini adalah teknik yang sama. Tehnik ini digunakan sebagai pertahanan terhadap serangan dari belakang. Ambil lengan lawan anda dan hancurkan tulang rusuknya dengan sikut Anda.

Tips: Anda harus ingat bahwa semua teknik sikut membutuhkan sikap posisi yang baik. Jika Anda memiliki sikap posisi yang kokoh, Anda akan dapat memusatkan semua massa Anda ke dalam serangan ini.

Referensi kata: Kururunfa


URAKEN UCHI
Tinju bagian Belakang

Teknik ini sangat tidak begitu dipahami dengan baik sekarang_sekarang ini. pergelangan tangan anda harus rileks. Semua kekuatan dihasilkan melalui gerakan mencambuk/menyentak. Serangan ini selalu ditujukan untuk menyerang hidung dan bibir atas lawan.

Teknik ini sangat efektif dalam jarak dekat.

Tips: Adalah suatu kesalahan jika menggunakan seluruh permukaan datar tinju bagian belakang. Anda harus menggunakan buku-buku jari anda sebagai titik kontak.

Referensi kata: Passai, Kushanku



TEISHO UCHI
Telapak Tangan Penghancur

Serangan telapak tangan ke wajah lawan adalah sangat efektif. Anda harus selalu menggunakan tangan belakang Anda untuk menangkis serangan.

Tips: Tehnik ini harus dilakukan dengan sangat cepat. Tujuan dari serangan ini adalah untuk menghancurkan hidung lawan.

Referensi kata: Anan, Seisan


NUKI-TE
Cengkraman Tenggorokan

Dalam banyak kasus, teknik ini ditunjukkan dengan variasi serangan telapak tangan di dalam kata.

Tips: Selain menyerang tenggorokan Anda dapat dengan mudah menjambak rambut, telinganya atau menekan bagian bawah dagunya dengan jempol Anda.

Referensi kata: Anan, Seisan & Kushanku

TAMAT
sumber:www.karateblogger.com

1 comment: