Friday, November 30, 2012

Cara Menghadapi Lawan keroyokan


Menghadapi /bertarung dengan lawan yang jumlahnya lebih dari satu adalah tidak semudah menghadapi lawan yang Cuma satu orang. Apalagi orang –orang itu tidak kita kenal sama sekali, artinya kita tidak bisa mengukur sejauh mana kemampuan dan kekuatan mereka.  Yang jadi pengecualian disini adalah menghadapi lawan yang lebih dari satu, tetapi kemampuannya bisa kita ketahui/ukur karena memang kita kenal sekali dengan orang-orang itu.  Menghadapi lawan yang jumlahnya lebih dari satu atau dua orang sangat memerlukan persiapan khusus, jadi dalam pokok bahasan kali ini, blog ini hanya memberikan tips, siasat dan strategi bagi orang –orang yang rajin latihan beladiri/Karate atau yang mempunyai hobi dan kebiasaan berlatih Karate, sedangkan diluar itu (orang yang sangat kurang rajin latihan) tidak dianjurkan karena sangat beresiko.  Menghadapi lebih dari satu orang berarti kita berhadapan dengan dua  intelegen dan dua kekuatan sekaligus, artinya dengan gabungan dua orang atau lebih, kesempatan untuk mengalahkan kita semakin lebih besar karena mereka terdiri dari gabungan beberapa otak, gabungan otak tersebut dapat melakukan siasat dan serangan cerdik dengan sangat cepat dan efisien jauh diatas kita. Belum lagi kekuatan gabungan dari tenaga mereka yang pastinya lebih besar dari kita merupakan mesin pembunuh yang sangat efisien.  Lebih jauh lagi kebanyakan yang ditemui secara real di banyak tempat kejadian, pelaku pengeroyokan tidak hanya menggunakan bogem mentah tapi berbagai senjata seperti pisau, pentungan, samurai, celurit, cambuk dan lain sebagainya.  Jadi pertanyaannya, dapatkah kita mengalahkan lawan yang jumlahnya banyak atau lebih dari satu?  Jika dapat bagaimana caranya? Mungkin ini pertanyaan  paling sulit dijawab diantara para praktisi beladiri dimanapun, tapi bukan berarti ini tidak bisa  dijawab, tetapi untuk menjawabnya mungkin bisa sangat rumit karena lain dari biasa.  Tetapi dalam  blog  ini  mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. . Banyak tips dan strategi menghadapi lawan Keroyokan, tapi di blog ini hanya membahas yang umum dan paling simple saja. Tips Umum  yang harus dilakukan dalam menghadapi lawan Keroyokan adalah :
1.       Kita harus cepat berpikir dan cepat melakukan tindakan untuk mengantisipasi gerakan lawan.
2.      Selalu berpikir untuk menyerang target bagian-bagian tubuh yang sangat sensitive (titik lemah manusia)  yang  ada dalam pengetahuan kyusho Jutsu  seperti  kemaluan, ketiak, daerah leher, daerah dada, tangan, kepala dan sebagainya.
3.      Selalu mengontrol napas anda agar anda dapat mengatur pengeluaran energy atau tenaga anda dengan efisien.
4.       Bergerak secara alami dan mengalir, selalu menjaga keseimbangan badan agar tidak terjatuh
5.      Kekuatan penghancur musuh (ikken hissatsu) dapat diciptakan dengan melakukan gerakan serangan yang cepat, terfokus dan bertenaga (Kime).  Ini terbentuk dari kerajinan latihan  kita sehari-hari.  Mempunyai senjata andalan pamungkas seperti tendangan mawashi geri ke kepala atau pukulan (zuki) yang kuat yang bisa meng knock out lawan adalah merupakan sesuatu yang menguntungkan bagi kita.
6.       Jika anda bertarung dengan tangan kosong, hati-hati jangan sampai tangan dan kaki anda terluka.
7.       Melakukan gerakan-gerakan yang efektif seperti mengelak ,membanting dsb.
8.       Dengan perilaku aggressive kita, jika kita garang musuh jua akan ciut nyalinya.
9.     Menggunakan senjata sebagai alat penyerang dan bertahan (perisai). Senjata dapat diambil dari musuh yang kita rebut senjatanya, atau dari alat yang kita temui disekitar kita. Misalkan kita menggunakan meja sebagai perisai dari serangan senjata musuh seperti  golok .
10.  Selalu berfikir bahwa alam adalah sahabat anda,atau dengan kata lain gunakan alam disekitar anda untuk dijadikan senjata atau mengelabui musuh. Misalkan di tempat itu ada pasir atau tanah, anda dapat melempar pasir ke mata lawan, ketika lawan tidak bisa melihat dan kesakitan kesempatan anda untuk menyerang kemaluannya  lalu anda dapat lari atau menghajar musuh yang lain.
11.   Menggunakan kombinasi dengan teknik bantingan atau lontaran.
12.   Menggunakan teknik kuncian, choke untuk mengancam lawan yang lain.
13.  Selalu berpikir kemungkinan lain  yang terburuk dapat terjadi karena ini bukan pertandingan Kumite, karena itu kita harus selalu exstra waspada dan hati-hati.
14.  Pastikan mental anda siap untuk bertarung,  pastikan anda siap menerima resiko apapun termasuk terluka bahkan kematian. Jika memang harus mati pastikan tidak anda saja yang mati, musuh juga harus ikut mati bersama anda.
15. Selalu menjaga jarak anda dengan lawan yang mengepung anda, tental hal ini akan dibahas lebih lanjut.
16.   Jangan berhadapan lebih dari satu kali musuh atau lawan yang sama, sebab energy tenaga anda akan terkuras atau pengeluaran tenaga anda jadi tidak efisien, alasan lain lawan yang lain dapat menikam anda tanpa anda sadari karena melihat kelemahan anda.  Dianjurkan bahwa jika  sekali berhadapan dengan satu musuh, satu gerakan sudah cukup membuat lawan tidak bisa bangun lagi, sehingga kita dapat melanjutkan pertarungan kepada lawan yang lainnya.
17. Tetap terus bergerak,  hindari penggunaan grappling (teknik pergumulan di tanah) seperti para groundfighter  di tv. Karena teknik  Brazilian Jiu  jit su/ gulat  tidak dapat  dipakai dalam kondisi ini. Jika anda memaksakan, maka anda sendiri yang akan terluka nantinya.
18. Memprioritaskan menyerang atau mengancam lawan yang kita anggap penting  dulu seperti: Menyerang pemimpinnya dulu, sebab kakau kita sudah kuasai pemimpinnya kita dapat mengendalikan anggotanya. Kemudian Menyerang orang yang membahayakan kita dulu misalnya orang tersebut menodong kita dengan pisau, maka yang harus dibereskan adalah orang ini dulu baru yang lainnya.
19. Strategi taktik menyerah adalah sangat tepat, ini digunakan untuk mengelabui lawan, begitu lawan lengah kita langsung menyerangnya, tentunya kita menyerang kepada lawan yang lebih dekat dulu dengan kita.
20.   Melancarkan serangan-serangan , atau gerakan  gerakan tipuan
21. Tetap melakukan  pandangan anda ke sekeliling musuh-musuh anda, jangan terpaku hanya memandang kepada satu musuh saja.
22.   Gunakan seluruh anggota tubuh anda menjadi senjata, misalnya tubuh bagian samping sangat cocok untuk melakukan serangan mendorong lawan agar jatuh.
23.  Berdoa dan pasrah kepada Tuhan, mohon diberi keselamatan.


     Perhatian :  Melawan musuh yang banyak (Multiple opponent attacks) sangat sulit untuk dapat membuat kita  sekedar untuk   bertahan. Tidak peduli seberapa benar teknik atau hal yang sudah anda lakukan, tetapi setidaknya dengan melakukan strategi dan teknik yang benar dengan  melukai/melumpuhkan  berberapa lawan yang menyerang, hal tersebut sudah mampu menyerang mental dari lawan-lawan anda lainnya, sehingga mereka berpikir dua kali untuk melanjutkan pertarungan dengan  anda.Walaupun sangat sulit bukan sesuatu hal yang mustahil untuk bisa mengalahkan banyak lawan, kunci suksesnya adalah memiliki pengetahuan, semangat dan keberuntungan. 

Jika anda tidak mempunyai pengetahuan tentang strategi, teknik dan taktik,  semangat juga  keberuntungan  dalam menghadapi lawan keroyokan, maka nasibnya akan sama seperti contoh gambar diatas

 
Berikut ini cara (dijelaskan melalui gambar) agar kita berada dalam posisi yang sangat baik apabila kita  dikepung oleh lawan-lawan kita.

Posisi  Surrounded



  Apabila anda berada di tengah-tengah kepungan musuh anda (yang ditunjukan pada gambar disamping), anda lebih baik anda keluar dari daerah kepungan musuh tersebut. Hal tersebut bertujuan agar anda dapat lebih mudah  untuk melihat lawan-lawan anda, sehingga anda dapat lebih mudah mengantisipasi gerakan atau serangan yang tijujukan kepada anda. Keuntungan lain anda bisa lari atau kabur  dari keroyokan tersebut tentunya jika anda mau.








Jika anda dikepung dalam posisi sejajar seperti gambar disamping ini  ada baiknya anda keluar dari posisi tersebut, sehingga anda berada tepat didepan musuh, seperti layaknya anda memimpin sebuah barisan. Karena dengan anda berada di depan mereka anda dapat melihat seluruh musuh-musuh anda, dan anda semakin mudah untuk melakukan eksekusi teknik.






Jika anda dikepung oleh empat orang dalam posisi sebagai mana terlihat pada gambar disamping ini, maka anda ada baiknya menyerang orang yang lebih dekat dulu dengan anda dalam hal ini sambil menarik agar lawan yang lebih dekat dengan anda masuk ke wilayah teritori kepungan temannya, sehingga anda berada pada posisi diluar kepungan tersebut. Jadi anda dapat melihat semua musuh-musuh anda dan anda dapat melakukan antisipasi serangan kepada mereka.





Posisi"The Wall"

Jika anda dikepung pada posisi sejajar seperti gambar disamping ini, maka anda memiliki resiko akan dihajar beramai-ramai dari depan samping kiri dan kanan. Maka untuk lebih safetynya anda sebaiknya bergerak ke samping (mirip seperti posisi no.2) layaknya seperti orang yang memimpin baris berbaris.Jadi anda dapat melihat semua musuh-musuh anda dari depan dan anda dapat melakukan antisipasi serangan kepada mereka.



Posisi "The Loose Half Circle"

 

Jika anda dikepung pada posisi ini (seperti terlihat pada gambar disamping) sebaiknya anda bergerak ke samping agar bisa melihat seluruh lawan anda dan anda dapat melakukan antisipasi gerakan terhadap mereka. 







Artikel ini ditulis, diolah dan disusun oleh Karate Harmony dari berbagai sumber

16 comments:

  1. Tipsnya menarik sekali. Jadi ga sabaran minta dikeroyok :P

    ReplyDelete
  2. mantap, sangat bermanfaat..oss! :) jadi harus rajin latihan nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Latihan yang Disiplin adalah cara terbaik untuk mempersiapkan mental menghadapi situasi lawan keroyokan

      Delete
  3. Thanks bwd ilmu nya ..
    Setidaknya mental saya semakin kokoh untuk menghadapi lawan lebih dari satu ( jika memang harus bertarung )

    :) salam beladiri !!!

    ReplyDelete
  4. kalo dalam beladiri lain dikeroyok hal yg biasa (aikido,aikijujutsu, kungfu, krav maga dll) tidak perlu ketakutan ataupun pake cara kotor untuk menang. yg penting rajin berlatih melawan keroyokan lama2 pasti terbiasa

    ReplyDelete
  5. omongan anda keterlaluan menganggap beladiri itu hebat sekali , beladiri itu adalah strategi membeladiri dengan cara apapun dalam mengahadapi keroyokan itu sah sah saja, alam adalah senjata, pakai pasir digerus cabai , makanya latihlah melempar pasir ke mata target dg reflek cepat dan latihlah melempar batu ke tulang kering kaki lawan, bila ini sering dilatih di dukung dengan pengaturan posisi seperti diatas yang diterangkan tersebut. dalam sekejap lawan keroyokan langsung menyerah .juga sumpitbambu yang ditekuk, itu digenggam itu menonjol diantara ruas jari ,itu senjata ampuh untuk mencolok mata. Aliran beladiri ttt kebanyakan sombong tidak mau melihat alaam ,kalau sudah jadi korban baru nyaho.

    ReplyDelete
  6. teknik karate itu sederhana saja, bahkan menumbangkan 8 lawan dalam satu gerakan wajib di kuasai. ( saya sering contak fisik di luar dojo dan sering di keroyok / pastikan sebuah tekhnik itu multi fungsi. contoh pukulan lurus dan sikut arah kuda kuda. bila di kombinasi dengan baik dapat menumbangkan minimal 4 lawan dalam satu serangan. dalam karate tidak ada nama nya mendahului menyerang.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Saya bukan anak karate tp saya mw mnta tips cara menguci lawan yg tanga ny lebih kuat nih mohon saran nya ya gan
    Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah lihat batang yg berdahan sedang tp keras kan??Pegang lh cabng itu dgn syarat batang itu rendah dan menjulur serta besarnya sekepalanmu.Putarlah batang tersebut sekuat2nya dgn memfokuskn tenaga sampai terputar dan patah hentikan jika tangan melepuh.Obati dulu baru lanjutkan.Kemudian biasakan push up jari dan mencengkeram batang pohon yg keras dan sekepalan lama2 dgn KERAS!! ingat..kemudian otot lengan harus dilatih dan kecepatan .Sekedar saran dari saya.lakukan setiap hari dalam janka waktu 4 bulan niscaya tangan lawan anda bisa putus atau patah tulang ..saya sudah mencoba

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Saya lg punya masalah ni sob, d sekolah saya ad sebuah gengster yg seumuran seperti saya mereka selalu datang ke kelas dan menggangu ketenagan kelas sya bingung harus gimana bila saya melawan maka saya akan d kroyok oleh 8 orang lebih . saya tdk bisa melapor ke guru karena bila saya melapor maka saya akan sama d keroyok jg. Saya bingung harua gimana , saya jg tdk nemiliki bela diri, dan saya sering langsung gemetar , tangan dingin , pengelihatan hitam bila saya udh bertemu musuh. Mohon solusinya gan, mohon

    ReplyDelete
  11. Menrik sekali, semoga tidak sampai terjadi. kalaupun terjadi sudah ada pencerahanya tks

    ReplyDelete
  12. Jika bertemu gengster biasakan tenang dan melempar senyum saja.Jika mereka mulai menyerang usahakan merobohkn minimal 1 org di depan mata mereka,jika mereka ciut anda menang 1 poin.Tp jika tidak pancing lh amarah mereka hingga mereka kehilangan akal.Biasakan mengincar kaki lalu tiba2 bagian atas tubuh.Jika tidak mempan hantam saja sampai pingsan dgn catatan harus cepat.Biasakan fokuskan tenaga 1 titik ke arah yg diserang .Yg terutama adalah berdoa dan Fokus jgn kidah terpancing jika lawan menyandera kawan atau org lain toh org itu bkn urusan kita kn???dia kenapa2 hukum tidak bisa menggaet kita

    ReplyDelete