Tuesday, November 27, 2012

Gerakan Tersembunyi Dibalik Teknik Serangan Karate


Gerakan Gyaku Zuki dan Teknik Serangan Tersembunyi yang ada di dalamnya

Tahukah anda bahwa dalam teknik pukulan Gyaku zuki yang kita latih sehari-hari mempunyai makna dan arti  tersembunyi dalam setiap detil gerakannya? Dalam Teknik Gyaku Zuki sebenarnya dibagi dalam tiga bentuk step gerakan pukulan yaitu :

1.     Pertama yaitu bentuk  pukulan Ura Zuki yaitu  gerakan awal permulaan kita dalam memukul, dimana pukulan Ura Zuki mempunyai mamfaat sebagai pukulan untuk jarak yang sangat pendek (jarak sangat dekat) dengan sasaran ulu hati. Pukulan ini sekilas seperti pukulan orang yang sedang bertinju diatas ring.  Jadi  jika seorang Karateka ingin memukul lawannya dalam jarak sangat dekat maka sangat tepat untuk mengeksekusi  pukulan Ura Zuki.
Pukulan Ura Zuki
      
2.     Kedua, yaitu bentuk pukulan Tate Zuki yaitu gerakan kedua setelah Ura Zuki, dimana pukulan ini lebih tepat digunakan untuk jarak menengah. Keistimewaan pukulan ini  adalah terletak pada kelincahan dan kecepatannya. Seseorang yang terlatih dalam menggunakan pukulan ini mampu melancarkan serangan rentetan pukulan ke lawan secara bertubi-tubi dengan kecepatan yang sangat luar biasa, karena semakin pendek jarak kita ke lawan maka serangan pukulan yang akan kita lancarkan akan semakin cepat. Untuk lebih mudahnya kita  bisa melihat film IP man yang ahli dalam melakukan pukulan Tate Zuki. Kelabihan lain dari pukulan ini adalah lebih efisien dalam segi pengeluaran tenaga dibanding gyaku Zuki itu sendiri, tetapi dari segi power Pukulan, Tate Zuki masih dibawah dari Gyaku zuki.

Pukulan Tate Zuki


3.    Ketiga, yaitu bentuk pukulan Gyaku Zuki itu sendiri yang terbentuk setelah Ura Zuki dan Tate Zuki, dimana pukulan ini sangat tepat untuk dieksekusi pada jarak yang relative jauh. Seorang  Karateka  juara Kumite sangat ahli dalam mengatur jarak agar pukulan Gyaku Zukinya  dapat sempurna mendarat tepat di sasaran lawan.  Tentunya jarak yang diatur itu jarak yang sesuai dengan panjang jangkauan dari pukulan Gyaku Zuki itu sendiri. Kelebihan pukulan Gyaku Zuki itu sendiri adalah sangat Kuat dan bertenaga sehingga sangat berpotensi untuk meng Kokan  lawan. Tetapi dari segi efisiensi pengeluaran tenaga dan kecepatan eksekusi  pukulan ,  Gyaku Zuki  masih dibawah Tate Zuki. Tapi dari segi Power (Kekuatan/Bobot) pukulan  Gyaku Zuki lebih unggul dari Tate Zuki maupun Ura Zuki. Intinya semakin jauh jarak kita dengan lawan, pukulan yang akan kita lancarkan akan semakin berbobot atau semakin kuat untuk menghancurkan sasaran lawan.

Pukulan Gyaku Zuki

Artikel diolah dan disusun dari berbagai sumber oleh Karate Harmony

No comments:

Post a Comment