Tuesday, November 27, 2012

Penerapan Teknik (Bunkai) Kosa Uke dalam Beladiri Karate


Bunkai (Aplikasi Teknik  Kosa Uke dalam Beladiri Karate)

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang bunkai  Teknik kosa Uke yang banyak terdapat  dalam kata seperti  Heian/Pinan, Jion,  dan  Tekki/Naihanchi.  Teknik Kosa uke yang sekilas pola gerakannya terlihat seperti tangkisan dobel  (tangkisan ke arah tengah/chudan dan tangkisan ke arah bawah/gedan), juga ternyata  mempunyai aplikasi-aplikasi   sebagai pukulan dan tangkisan yang dilancarkan secara bersamaan.  Perhatikan gambar di bawah ini:

Kosa Uke tampak dari Depan dalam Kata Jion
Kosa Uke tampak dari samping dalam Kata Heian



Aplikasi: Terlihat lawan menyerang dengan gyaku zuki ke arah ulu hati, kemudian Karateka  menangkis dan menyerang secara bersamaan dengan teknik Kosa Uke. Di gambar terlihat pukulan lawan ditangkis oleh Uchie Uke sambil bersamaan dengan dilancarkannya pukulan ke arah bawah/ Gedan Zuki.

Add caption
 Pada gambar kedua terlihat lawan untuk  kedua kalinya membalas dengan serangan pukulan yang mengarah ke bawah setelah yang pertama mengarah ke tengah, kemudian dengan cepat Karateka (merubah posisi gerakan tangannya  dari uchie uke menjadi  tangkisan gedan uke, dan pukulan  gedan Zuki menjadi pukulan Ura Zuki atau Uraken secara  bersamaan.




Sebenarnya selain Aplikasi teknik yang telah dijelaskan diatas, masih banyak teknik aplikasi Kosa Uke lain, yang tidak bisa dijabarkan secara lebih mendalam di blog ini. Tetapi pada intinya Para Siswa harus lebih kreatif dalam berfikir tentang penerapan teknik ini. Untuk lebih memahami teknik ini, Para Siswa dapat membayangkan perkelahian sebenarnya dalam imajinasi mereka dan mengkaitkannya dengan teknik Kosa Uke itu sendiri,  sebagai contoh: bagaimana jika teknik  ini tidak hanya dieksekusi dari arah depan lawan tetapi juga dari arah  samping lawan.


Artikel diolah dan disusun dari berbagai sumber oleh Karate Harmony

No comments:

Post a Comment