Thursday, December 13, 2012

7 Alasan Penting Berlatih Kihon secara Konsisten


 Kihon adalah suatu gerakan dasar dalam Karate atau unsur  terkecil sebagai dasar dari terbentuknya suatu teknik,  yang biasanya berupa   dari rangkaian dari beberapa buah teknik terkecil tadi.  Dalam Pencak Silat Kihon bisa disamakan dengan istilah jurus Tunggal. 
Sebelum dan sehabis pulang kerja biasanya Penulis meluangkan waktu untuk latihan Karate di rumah  selama 1 jam lamanya (total latihan rata-rata 2 jam perhari). Lumayan toh untuk  orang sibuk seperti saya hehehe..  Biasanya sore itu penulis mengawali latihan dengan berlatih Kihon selama kurang lebih 30 menit.  Tapi entah kenapa sepertinya  hari itu penulis malas sekali untuk berlatih Kihon, penulis ingin langsung beralih ke latihan teknik –teknik baru yang Penulis sukai dan penulis memang penasaran akan teknik-teknik tersebut.  Baru terlintas pikiran yang demikian tiba-tiba sayup-sayup terdengan suatu obrolan seorang bocah laki-laki dengan ayahnya yang dapat benar-benar mengubah niat saya sebelumnya untuk tidak melakukan latihan Kihon sore itu. Begini percakapannya:
Anak :  ”Yah kenapa aku selalu diberi PR oleh bu Guru tentang hitung-hitungan terus, padahalkan aku jago Matematika , apa enggak ada yang lain, aku bosan yah !!!
Ayah :  ”PR hitung-hitungan sebenarnya untuk melatih keterampilan kamu agar mahir dan semakin menjadi lebih pintar, karena berlatih hitung-hitungan adalah dasar dari modal kamu untuk memecahkan soal-soal Matematika yang lebih sulit lagi.” Katanya kamu mau jadi seorang insinyur yang pandai membuat mesin-mesin canggih? Jika kamu mau menjadi seorang insinyur, maka hitung-hitungan adalah makanan mereka sehari-hari, mereka harus pandai dalam hal ini dulu sebelum dapat memecahkan persoalan lain yang lebih rumit lagi.
Anak  :  ”Oh gitu ya Yah, emang cita-citaku kepingin menjadi insinyur yang sukses, baiklah kalo begitu saya akan mengerjakan seluruh latihan hitung-hitungan yang ditugaskan oleh bu guru dengan baik.
Percakapan itu membuat saya terenyah. Tiba tiba saya teringat kata-kata Senpai saya dahulu, waktu saya baru mulai belajar Karate, tentang pentingnya latihan Kihon untuk semua tingkatan atau jenjang Para Karateka. Menurut Senpai saya  ada 7 mamfaat penting dari latihan Kihon berulang-ulang yaitu:

  • Melatih Kihon  sebenarnya adalah memperkuat, meningkatkan, dan mempertahankan   daya reflek, kekuatan,  anggota tubuh yang akan digunakan untuk senjata membeladiri.
  • Memperkuat, meng efisienkan, dan mempertajam focus tenaga yang digunakan untuk memukul , menangkis  maupun menendang
  • Memantapkan koordinasi gerakan bagian-bagian tubuh yang akan digunakan sebagai senjata dan perisai (menangkis).
  • Mempertajam gerakan dasar, sehingga dapat bekerja dengan baik (lebih cepat, berirama , stabil, dan yang paling penting mempunyai bentuk yang benar sehingga dapat menghindari cedera).
  • Menyempurnakan gerakan-gerakan teknik dan Kata, apabila Kihon tersebut digabungkan menjadi rangkaian teknik atau kata. Ibaratkan Kata adalah sebagai busur panah, sedangkan anak panah, berikut ujungnya yang runcing  dan kuat adalah Kihonnya. Sebuah alat panah tidak dapat menghasilkan tembakan yang menghasilkan damage yang besar (menusuk Kijang) jika anak panahnya tidak kuat (keras) , atau gampang patah, misalnya anak panahnya terbuat dari lidi tipis maka sebelum dia menembus kulit kijang, tentunya anak panah tersebut akan hancur ketika mengenai kulitnya, tetapi bila anak panahnya kuat (terbuat dari kayu jati atau besi) maka kulit rusa atau kijang, bahkan tulangnyapun dapat tertembus oleh anak panah tadi. Bisa dibayangkan kalau Kihon kita begitu powerful  dan jika  dirangkaikan menjadi sebuah gerakan Kata maka yang dapat terlihat dan rasakan adalah seperti mempunyai sebuah alat/ mesin  senjata  dashyat yang paling mematikan dan  efisien.
Secara Psikologis keuntungan berlatih Kihon adalah :

  • Dengan berlatih kihon berulang-ulang maka sebenarnya mengingatkan kita pada waktu pertama kali kita mulai belajar Karate. Saat-saat itulah yang membuat kita sangat antusias sekali terhadap Karate. Oleh karena itu mamfaat secara psikologis berlatih Kihon secara berulang-ulang adalah untuk mengingatkan diri kita agar selalu mawas diri agar tidak sombong, selalu rendah hati dan selalu konsisten dalam berlatih.
  • Latihan Kihon adalah menu wajib sebelum kita beralih ke Latihan inti, jadi mamfaatnya secara psikologis disini adalah mendidik kita supaya selalu suka bekerja keras, konsisten, disiplin dan pantang menyerah.


Akhirnya sore itu saya lewati dengan melakukan latihan Kihon dahulu, sebelum akhirnya melakukan latihan-latihan yang lain, sama seperti hari-hari sebelumnya atau kebiasaan yang penulis lakukan sebelumnya. 


Artikel ini ditulis oleh Karate Harmony sendiri.




 

No comments:

Post a Comment