Monday, December 17, 2012

Cara Cerdik Mensiasati Latihan Fisik Karate dalam Aktivitas Pekerjaan Sehari-hari


Teknik menyusupi Aktivitas Kesibukan Sehari-hari  dengan latihan Fisik Karate

Latihan atau olahraga  fisik merupakan bagian penting dari berlatih seni beladiri Karate. Karena Olah raga Fisik yang sifatnya meningkatkan kekuatan otot kita, daya tahan tubuh kita, kelincahan, dan kecepatan tubuh  sangat diperlukan untuk menunjang,  mendukung dan melengkapi  keterampilan seni beladiri kita khususnya Karate. Latihan Kihon(teknik gerakan dasar) dan jurus (Kata) tanpa disertai dengan kekuatan fisik yang bagus dan memadai, tentu pelaksanaannya akan tumpul dilapangan. Sekarang bagaimana bisa orang yang bagus dibidang teknik dan jurus ternyata harus berhadapan dengan lawan yang kuat atau banyak. Lawan yang kuat atau berjumlah banyak tentunya memerlukan stamina yang kuat/prima  untuk menghadapinya. Jika fisik kita lemah, mungkin 2-3 menit kita masih menang, bagaimana jika 5 sampai 6 menit bertarung tentu kita jadi lemas, nafas kita jadi habis dan tubuh tidak bisa digerakkan, dan ini peluang musuh untuk mengalahkan kita. Selain itu olahraga fisik juga bermamfaat untuk kesehatan kita juga, kita menjadi lebih ceria, tahan penyakit, dan fisik semakin fit dan prima.  Masalahnya tidak semua orang mampu menggabungkan sekaligus antara latihan fisik dengan latihan teknik dan jurus.  Walaupun latihan Teknik/jurus dan olahraga fisik satu paket dalam Karate tetapi dalam pelaksanaannya di lapangan, banyak orang ada yang melakukan latihan jurus saja tanpa disertai dengan latihan fisik ataupun sebaliknya (latihan fisik tanpa disertai oleh latihan jurus).   Alasan mereka tidak menggabungkan kedua latihan tersebut apalagi kalau bukan karena SIBUK alias TIDAK SEMPAT. Kalau Atlit mungkin tidak masalah, dia dapat menggabungkan antara latihan fisik dan teknik/jurus karena memang focus  pekerjaan dia memang full disitu.   Lain halnya kalau seorang karyawan/pegawai , wiraswastawan,    yang sebagian besar waktunya habis untuk bekerja di kantor dan dirumah. Waktu yang dia miliki untuk latihan Karate sangat amat sedikit , apalagi untuk latihan fisik rasanya hampir tidak mungkin.    Jadi bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan mensiasati pekerjaan/kesibukan sehari-hari kita dengan cara menyusupinya dengan olahraga atau latihan fisik.  Cara ini sebenarnya  sudah dipakai oleh para ahli beladiri  ratusan tahun yang silam untuk mrningkatkan kemampuan fisiknya.  Tentunya kita pernah melihat film Kung fu Shaolin, dimana para biksunya tengah asyik bekerja memindahkan air  dari sungai ke dapur (biara mereka) dengan menggunakan gentong  yang jarak antara biara dan sungai sangat jauh.  Tentunya aktivitas ini dilakukan selain untuk kebutuhan mereka akan air di Biara dan juga untuk melatih kekuatan otot-otot tangan mereka.  Film tersebut adalah refleksi dari kejadian nyata dimasa lalu tentang kehidupan para biksu Shaolin. 
Biksu Shaolin yang sedang membawa air
  Di Okinawa  pada zaman dahulunya para Karateka juga  berlatih memamfaatkan alat untuk bekerja sambil berlatih fisik seperti  mengangkat kendi  besar yang berisi air yang berfungsi untuk melatih cengkraman jari-jari tangannya agar kuat sambil dia membawa air. Alat lain  seperti sandal yang berat (pemberat kaki) juga banyak dipakai para ahli beladiri Okinawa untuk melatih fisik seperti berjalan jauh dan mendaki anak tangga yang banyak sambil melakukan aktivitas pekerjaan mereka. Nah bagaimana dengan kita di zaman modern ini melakukannya? Olahraga fisik bagi kaum sibuk bisa dengan mendaki anak tangga yang tinggi. Mungkin anda terbiasa ke ruangan kantor anda dengan menggunakan Lift (elevator) tetapi jika anda ingin menggembleng fisik anda tentunya anda memilih menggunakan tangga saja, apalagi menaiki tangga tersebut dengan berlari atau sprint, tentunya akan lebih baik lagi. Di rumah anda  diharuskan berhubungan dengan benda-benda berat, misalnya anda diharuskan  untuk  membawa galonan air, kenapa tidak digunakan saja untuk melatih fisik anda? Anda diharuskan un tuk mengasuh balita, kenapa tidak digunakan saja untuk melatih fisik anda? Menggendongnya melalui tangan dan kaki sebenarnya melatih kekuatan otot-otot tubuh juga.
  Mendorong mobil dan lain sebagainya. Ketika anda  sedang mengetik di lap top atau note book  anda, sebenarnya anda dapat melatih kekuatan kuda-kuda anda dengan melakukan kuda-kuda Kibadachi (kuda-kuda rendah sejajar ). Anda melakukan ini tentunya tanpa duduk di kursi, ini dapat melejitkan kemampuan Karate anda.  Tulisan ini tidak menjabarkan seluruh teknik-teknik latihan fisik yang disusupi  dalam  kesibukan sehari-hari secara detail, tapi hanya sekedar memberikan konsep saja dan contoh seadanya. Anda harus banyak berimprovisasi  kira-kira aktivitas kesibukan mana yang bisa bermamfaat untuk melakukan latihan fisik Karate. Anda harus benar-benar jeli dan kreatif dalam menganalisa setiap kesibukan sehari-hari anda agar latihan fisik Karate dapat terus berjalan  setiap hari. Oke sekian tips dari saya, selamat melakukan aktivitas sehari-hari dan selamat berlatih Karate. 

Artikel ini ditulis oleh Karate Harmony  sendiri.

No comments:

Post a Comment